Senin, 14 Mei 2012

Tips Modifikasi Motor Menjadi Semakin Kencang

Auto – Banyak sekali cara-cara agar motor dapat melaju lebih kencang dari bawaan standar pabrik. Oleh karena itu banyak sekali para pemodif ingin sekali agar motor yang dimilikinya menjadi lebih kencang dari sebelumnya. Banyak sekali cara agar motor kita lebih kencang dari sebelumnya.
Dengan menggunakan cara ini, semoga sobat auto dapat menghasilkan motor yang lebih kencang. Inilah beberapa bagian motor yang perlu dimodifikasi agar menjadi lebih kencang, diantaranya yaitu:
Piston
Untuk memodifikasi motor agar menjadi lebih cepat, yang perlu kita lakukan yaitu mengurangi berat piston sehingga tenaga motor meningkat. Cara ini dilakukan untuk melawan berat piston. Untuk mengurangi berat piston, yang perlu kita lakukan yaitu dengan memotong bagian bawah dari piston.
Kepala Silinder
Untuk modifikasi motor agar lebih kencang, kompresi ruang bahan bakar sangat menentukan tenaga yang dihasilkan. Pada prinsipnya, semakin tinggi kompresi bahan bakar semakin besar pula tenaga yang dihasilkan. Untuk menghasilkan kompresi yang tinggi pada ruang pembakaran, dapat dilakukan dengan mengurangi volume ruang pembakaran. Pada sepeda motor umumnya, hal ini dilakukan dengan menggerinda kepala silinder sehingga ruang bakar berkurang dan kompresinya meningkat.
Lubang Pembilasan
Pada cara ini jumlah gas dari campuran bensin dan udara yang dimasukkan ke ruang bakar sangat menentukan tenaga motor yang dihasilkan. Semakin banyak gas yang dimasukkan ke dalam ruang pembakaran, berarti kepadatan gas semakin tinggi sehingga tekanan kompresi naik dan pembakaran akan menjadi lebih baik. Perluasan lubang bilas tersebut harus tetap pada batas-batas tertentu. jika hal tersebut tidak dilakukan, maka motor akan mengalami kerusakan.
Rocker Arm
Rocker arm atau lengan penumbuk katup juga berfungsi untuk meneruskan gerakan dari batang penekan ke poros pam, sehingga katup bisa membuka dan menutup. Pemilihan rocker arm yang baik adalah yang memiliki bobot lebih ringan tapi kuat. Tetapi perlu diperhatikan jiika pemotongan rocker arm berlebihan, maka akan mengakibatkan rocker arm menjadi mudah patah.
Roda Gigi
Roda gigi belakang pada motor haruslah diganti dengan ukuran diameter yang lebih kecil, jika roda gigi diganti dengan yang lebih kecil tentu saja panjang rantai roda harus dikurangi dan disetel.
Sistem Kelistrikan
Tenaga listrik pada motor kebanyakan mempunyai tegangan 6 volt. Tegangan tersebut dapat diubah menjadi 12 volt dengan cara mengubah sistem kelistrikannya. Dengan mengubah tegangan menjdai 12 volt maka lampu-lampu menjadi lebih terang dan bunga api busi menjadi lebih besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar